KKN Kelompok 03 Unmuh Jember Melakukan Survey Lokasi di Desa Pandansari, Petakan Potensi Desa

Berita Pengabdian MasyarakatMahasiswa Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disebut dengan KKN Kelompok 03 Universitas Muhammadiyah Jember yang berjumlah 20 orang melakukan survey lokasi yang dijadikan tempat penerjunan yakni tepatnya berada di Desa Pandansari, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang. Survey KKN dilaksanakan pada 22 Juli 2024.


Dalam kegiatan survey tersebut kelompok 03 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember meminta ijin dan memberikan surat penerjunan ke Kepala Desa Pandansari untuk melakukan KKN selama satu bulan kedepan, yang dimulai pada tanggal 5 Agustus 2024.


Survey tersebut dilakukan untuk mengetahui rute menuju Desa Pandansari Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang yang ditempuh selama 2 jam setengah dari arah Jember Kota. Selain melakukan survey untuk mengetahui lokasi kegiatan, kesempatan ini juga digunakan oleh kelompok 03 untuk menggali potensi desa yang ada misal seperti produk unggulan desa dan juga potensi terhadap wisata yang ada di Desa Pandansari serta juga untuk mengumpulkan data awal Desa yang mencakup kondisi masyarakat, kesenjangan yang ada di Desa, mayoritas pekerjaan masyarakat Desa Pandansari, kegiatan pendidikan yang formal atau pun yang non formal.


Data awal desa ini diperlukan untuk menyesuaikan potensi desa Pandansari yang bisa untuk dikembangkan dengan progam kerja yang nantinya akan dijalankan. Data awal ini didapatkan dari sharing sesion atau berdiskusi antara Kelompok 03 Universitas Muhammadiyah Jember dengan Kepala Desa dan Sekretaris Desa Pandansari.


Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil diskusi bersama Kepala Desa dan juga Sekretaris Desa Pandansari, Mahasiswa diberikan beberan untuk persiapan agenda 17 an dan juga mahasiswa melakukan koordinasi untuk merancang proker yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus.


Selain berkoordinasi perihal penyusunan proker Kelompok 03 Mahasiswa  Unmuh Jember mendapatkan arahan dan penjelasan seputar Desa Pandansari yang didalamnya mencakup sejarah, keunggulan desa, di kegiatan survey tersebut. Dalam kegiatan survey tersebut mahasiswa Unmuh Jember diajak ke tempat wisata Air Sumber Mrutu yang menjadi potensi andalan Desa Pandansari. Disana Kelompok 03 juga mengamati dan akan membuat penataan ulang agar tempat wisata menjadi berkembang dan terkenal.


Harapannya pemfokusan titik peningkatan wisata akan membuat Desa Pandansari dikenal oleh seluruh elemen masyarakat dan akan membantu peningkatan sektor umkm juga. (Jack)