Kegiatan SADARI: "Seminar Sadar Hukum dan Kelas Inspirasi" oleh Komunitas Horizon Heroes

Kenakalan remaja yang mengarah kepada pelanggaran hukum terus terjadi di wilayah Kota Surabaya. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Balai Pemasyarakatan Kelas I Surabaya sepanjang tahun 2023 terdapat 416 anak yang melakukan pelanggaran hukum. Data ini tidak termasuk anak yang dikembalikan kepada orang tua tanpa melalui proses pendampingan.


Program SEDARI dilaksanakan di SMP Dhaniswara Surabaya


Untuk mencegah meningkatkan pelanggaran hukum terutama yang dilakukan oleh anak. Tiga orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga bernama Ade Lily Reakid Uktubara, Haressa Lintang Rizkika, dan Vendy Ichwan Hendariyanto  membentuk Komunitas yang memfokuskan untuk melindungi anak-anak yang memiliki resiko melakukan kenakalan remaja yang dapat berujung pada pelanggaran hukum bernama Horizon Heroes.  


Panitia Mahasiswa Magister Psikologi Unair bersama ibu Kepala Sekolah dan Pemateri

Komunitas Horizon Heroes bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Balai Pemasyarakan Kelas I Surabaya dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sidoarjo melaksanakan kegiatan SADARI “ Seminar Sadar Hukum dan Kelas Inspirasi” pada tanggal 15 Mei 2024. Kegiatan ini diberikan kepada peserta di Sekolah Menengah Pertama Dhaniswara Surabaya bertujuan untuk memberikan kegiatan yang terdiri dari dua kegiatan utama yaitu seminar mengenai bentuk perilaku beresiko melanggar hukum dan kelas inspirasi yang membahas cara menemukan cita-cita serta strategi mencapainya.


Seminar Sadar Hukum

Kegiatan pertama adalah seminar yang bertujuan memberikan wawasan kepada peserta tentang berbagai perilaku yang beresiko melanggar hukum. Materi ini disampaikan oleh Bapak Ahmad Subadik selaku Pembimbing Kemasyarakatan di Balai Pemasyarakatan Kelas I Surabaya. Pemateri menjelaskan mengenai contoh-contoh perilaku yang mengakibatkan seorang anak kehilanggan kebebasannya karena mempertanggung jawabkan perbuatan melanggar hukum dan membagikan pengalamannya saat mendampingi anak yang berhadapan dengan hukum sampai dengan melewati masa hukumannya. Seminar ini berlangsung dengan interaktif karena beberapa murid membagikan pengalamannya mengenai beberapa tindakan beresiko yang pernah mereka lakukan, mereka melakukan tindakan beresiko tersebut dan tidak mengetahui bahwa perilakunya melanggar hukum. Diakhir kegiatan pemateri memberikan masukan dan tips kepada peserta bagaimana cara menghindari ajakan melanggar hukum oleh temannya. 


Materi Sadar Hukum oleh Pemateri Bapak Ahmad Subadik, S.Psi

Kelas Inspirasi

Kegiatan kedua merupakan kelas inspirasi yang bertujuan yntuk membimbing peserta dalam menemukan, merencanakan dan mencapai cita-cita. Materi ini disampaikan oleh Bapak Rivan selaku Polisi Khusus Pemasyarakatan (Polsuspas) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sidoarjo.  Dalam sesi ini pemateri membagikan pengalamannya mengenai cara ia mencapai cita-cita, dimulai dari menentukan cita-cita yang ingin dicapai, membuat rencana, melaksanakan rencana, melakukan evaluasi rencana hingga melakukan perbaikan jika rencana tidak berjalan dengan baik. Lebih lanjut pemateri memperkenalkan metode SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound) untuk menetapkan target yang realistis dan terukur. Dengan demikian peserta dapat lebih fokus dalam mencapai cita-citanya


Pemateri Kelas Inspirasi Bapak Rivan Aditya, S.Pd

Kesimpulan dan Dampak Kegiatan

Kegiatan SADARI “ Seminar Sadar Hukum dan Kelas Inspirasi” ini berhasil memberikan wawasan baru dan inspirasi bagi para peserta. Kerja sama dari berbagai Lembaga menunjukkan sinergi dan keseriusannya dalam melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran hukum oleh anak-anak. Diharapkan kegiatan ini dapan menjadi model bagi program serupa di masa yang akan datang. Kegiatan yang tidak hanya memberikan pengetahuan tentang hukum, tetapi juga membekali peserta dengan keterampilan dan motivasi untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, Komunitas Horizon Heroes, Fakultasi Psikologi Universitas Airlangga, Balai Pemasyarakatan Kelas I Surabaya dan Lembaga Pemasyarakatan Keals IIA Sidoarjo telah membuktikan komitmen mereka dalam menciptakan perubahan positif di masyarakat, terutama dalam upayanya menyelamatkan masa depan anak dan menjadi generasi yang mau dan mampu mengejar cita-citanya untuk Indonesia yang lebih baik. (VEN)


Foto Bersama Dewan Guru dan Kepala Sekolah SMP Dhaniswara Surabaya


*Komunitas Horizon Heroes merupakan OMS yang bekerjasama dengan LTS Foundation untuk menangani permasalahan komunitas marginal di wilayah Surabaya